Keinginan untuk hidup bahagia dan makmur, terutama dalam masalah keuangan, membuat banyak orang mulai menabung lebih awal. Beberapa mengarahkan tabungan mereka untuk membeli rumah, mobil, emas di Unit Link dan reksa dana yang mampu menghasilkan keuntungan besar dalam jangka panjang.
Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa investasi adalah solusi paling sempurna jika Anda ingin menambah kekayaan. Tetapi bagaimana jika Anda ingin berinvestasi dalam penghematan uang? Mudah, Anda dapat memilih produk simpanan. Sederhananya, Deposito adalah salah satu alat investasi yang ideal untuk pemula.

Di antara kaum milenial atau kaum muda yang mulai melihat keuangan pribadi mereka, deposito mungkin merupakan opsi investasi termudah dengan risiko yang sangat kecil. Selain itu, untuk investasi deposito, Anda tidak perlu rumit, karena hampir setiap bank yang beroperasi di Indonesia memiliki produk deposito dengan pilihan periode waktu dan bunga kompetitif. Tetapi meskipun prosesnya sangat sederhana, Anda tidak boleh gegabah.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami mengingat berbagai risiko dan manfaatnya. Karena dalam kasus manajemen yang tidak tepat, deposito tidak akan dapat memberikan pengembalian investasi, seperti yang diharapkan.

4 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Membuka Deposito

1. Perhatikan ketentuan deposit

Sesuai namanya, deposito adalah tabungan berjangka. Di mana Anda bisa mendapat untung dan mengambil tabungan hanya pada waktu yang ditentukan. Untuk alasan ini, hal pertama yang harus Anda pahami ketika ingin membuka deposit adalah mengetahui periode waktunya. Sebagai aturan, bank memberikan opsi setoran selama 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dari 12 bulan hingga 24 bulan, dan seterusnya.

Dimana deposito jangka panjang, semakin banyak manfaat yang diterima. Misalnya, Anda dapat memilih periode 24 bulan, tetapi harus dihitung dengan mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan. Jika Anda benar-benar ingin menerima manfaat dengan cepat, Anda dapat memilih periode 3 hingga 6 bulan, tetapi total tabungan yang diterima jelas tidak sebesar deposito 24 bulan. Jika Anda sudah tahu kapan periode waktu yang dibutuhkan akan datang, Anda harus tau kapan tepatnya waktu penarikan deposit ini datang.

2. Ketahui teknik distribusi deposit

Setiap bank, memiliki prosedur dan metode produk simpanan, yang ditawarkan kepada pelanggan. Sekali lagi, deposito jangka panjang jelas memiliki keuntungan yang lebih besar daripada deposito jangka pendek. Kenapa begitu? Karena durasi yang singkat, ini akan mempengaruhi biaya likuiditas, serta metodologi distribusi. Jika bank memang menawarkan likuiditas yang lebih tinggi untuk deposito jangka pendek, Anda dapat memilih ini setelah meninjau metodologi distribusi.

3. Jumlah setoran

Hal berikutnya yang perlu Anda pahami lagi sebelum membuka deposito bank adalah pengetahuan tentang persyaratan minimum yang ditetapkan oleh bank. Masing-masing bank memiliki kebijakan sendiri dalam hal ini. Beberapa menetapkan nilai nominal minimum 5 juta untuk deposito, ada juga beberapa bank yang bahkan menetapkan nilai nominal minimum dalam kisaran ratusan ribu. Dari jumlah setoran minimum, Anda dapat menghitung bunga yang akan diterima sesuai dengan periode waktu yang dipilih.

Jangan ragu untuk bertanya tentang masalah ini di bank, karena setiap klien memiliki hak untuk menerima informasi dan menentukan jumlahnya sesuai dengan kemampuan dan keinginan mereka. Jika simulasi penerimaan dana dan jumlah setoran masih tidak sesuai dengan kemampuan keuangan yang diharapkan, Anda dapat langsung memilih investasi deposito. Ingat juga bahwa jika jumlah setoran melebihi 7,5 juta, Anda harus membayar pajak 20% dari total nilai setoran.

4. Prosedur penarikan deposito

Meskipun menggunakan konsep tabungan tunai yang sama, tabungan dan deposito adalah dua produk keuangan yang berbeda. Jika ini adalah tabungan, Anda dapat menarik uang tunai kapan saja, di mana saja sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin mengambil uang di pagi hari, ketika ada kebutuhan mendesak, tabungan dapat ditarik secara tunai melalui ATM. Tetapi jika Anda memilih deposito, penarikan tidak dapat diubah kapan saja.

Sesuai namanya, ini adalah tabungan deposito berjangka memiliki prosedur pembayaran sendiri yang disesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih. Untuk menarik deposit, Anda juga dapat melakukan ini hanya jika perlu untuk memenuhi persyaratan yang diminta. Memang, ada beberapa setoran yang dapat dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo, hanya pelanggan harus membayar denda sesuai dengan kebijakan perbankan. Untuk alasan ini, Anda harus memahami prosedur pembayaran sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat investasi maksimum.