Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas ketentuan Bitcoin, maka dalam ulasan ini kita akan melanjutkan diskusi. Ayo, waktunya untuk mencoba Bitcoin dan pelajari istilah-istilah yang pasti dapat membantu Anda menggunakan Bitcoin.

1. P2P

P2P adalah kependekan dari Peer to Peer yang mengacu pada sistem yang terorganisir dengan memberikan kemungkinan bagi setiap individu untuk berinteraksi langsung dengan individu lain dalam sistem. Dalam bitcoin, jaringan yang dibangun memungkinkan setiap pengguna untuk menyiarkan transaksi dari pengguna lain. Poin penting dalam sistem ini adalah bahwa tidak perlu bank sebagai pihak ketiga di antara pengguna Bitcoin.

2. Pertambangan

Sebagai pengguna Bitcoin baru, tentu Anda sering mendengar kata mining atau biasa disebut mining, kan? Nah apa yang dimaksud dengan penambangan. Jadi aktivitas penambangan di Bitcoin tidak seperti menambang di dunia nyata. Tetapi menambang di sini adalah proses yang membuat perangkat keras komputer pengguna melakukan perhitungan matematis untuk jaringan Bitcoin untuk menginformasikan transaksi dan meningkatkan keamanan.

Sekarang sebagai imbalan untuk layanan ini, penambang Bitcoin (penambang) akan mendapatkan biaya transaksi untuk transaksi yang telah mereka konfirmasi. Dengan biaya transaksi inilah Bitcoin baru dikeluarkan. Dari sini mungkin Anda berpikir sepertinya mudah untuk mendapatkan Bitcoin baru.

Faktanya tidak semudah itu karena penambangan adalah pasar kompetitif khusus di mana hadiah diterima sesuai dengan jumlah perhitungan yang Anda buat. Anda perlu tahu bahwa tidak semua pengguna Bitcoin dapat melakukan penambangan ini.

3. Pengeluaran Ganda

Pengeluaran ganda adalah ketika ada pengguna yang mencoba menghabiskan bitcoin yang mereka miliki pada dua penerima yang berbeda tetapi pada saat yang sama. Sekali lagi jika Anda ingin menipu, Anda harus tahu bahwa rantai blok penambangan dan Bitcoin berfungsi untuk membuat perjanjian pada jaringan tentang transaksi mana yang dianggap sah dan akan dikonfirmasi. Jadi, buang keinginan Anda untuk menipu.

4. Rantai blok

Rantai blok adalah catatan umum dari semua transaksi yang terjadi dalam Bitcoin. Semua dicatat dalam urutan kronologis. Rantai blok ini dibagikan di antara semua pengguna Bitcoin tanpa kecuali. Rantai blok berfungsi untuk memverifikasi transaksi Bitcoin permanen dan juga untuk mencegah pengeluaran ganda.

5. Tanda tangan

Tanda tangan yang dimaksud di sini adalah tanda tangan kriptografi. Di mana tanda tangan kriptografis ini adalah mekanisme matematika yang memungkinkan seseorang untuk membuktikan bahwa ia memiliki dompet Bitcoin. Dalam Bitcoin, dompet (dompet) dan kunci pribadi saling terkait dengan beberapa keajaiban dalam matematika.

Ketika perangkat lunak Bitcoin menandai transaksi dengan kunci pribadi yang benar, maka seluruh jaringan dalam Bitcoin dapat melihat bahwa tanda tangan cocok dengan Bitcoin yang Anda belanjakan. Tetapi masih tanpa kecerobohan dalam menyimpan kunci pribadi Anda, orang lain tidak akan dapat mencuri Bitcoin yang Anda miliki.

6. Tarif rata-rata

Istilah terakhir adalah unit pengukuran untuk kekuatan pemrosesan dalam jaringan Bitcoin. Demi alasan keamanan, jaringan Bitcoin harus melakukan operasi matematika intensif. Ketika jaringan mencapai level hash ke-10 per detik, jaringan mampu melakukan 10 triliun kalkulasi setiap detik.